Senin, 29 Agustus 2011

Pacaran atau Ikut-ikutan ??

Apa itu pacaran ?
Mungkin di kalangan remaja sekarang ini pacaran tuh bukan sesuatu hal yang aneh lagi. Tapi sebenarnya pengertian pacaran dalam Kristen itu adalah suatu hubungan atau tahap yang melampaui tahap persahabatan antara 2 orang (lawan jenis) yang tujuan nya untuk memasuki tahap pernikahan. 

Banyak banget alesan yang harus kita pikirin sebelum mencari pacar salah satu nya kita tuh mesti sadar tujuan hidup kita sebagai orang yang percaya adalah untuk memuliakan Dia & menikmati-Nya sampai selamanya. Maksud kata memuliakan disini itu arti nya supaya kita bisa lebih menghargai dan menikmati hidup kita.

So,pacaran ala Kristen adalah pacaran yang tidak berpusat pada diri sendiri atau ama pasangan kita tetapi sama Tuhan.

Menurut alkitab apa sih standart nya dalam pacaran ???
- Seiman ( 2 Kor 6 : 14-15)
kenapa harus seiman ?? nah coba di bayangin yah sebelom masuk jenjang pernikaha uda beda agama aja uda susah gimana uda masuk. Bayangin kalo misalnnya uda nikah tiba" (amit" sihh = =" ) ada suatu masalah yang menimpa hubungan lu sama pasanagan lu kalo misalnya lu orang satu agama / kepercayaan bisa dengan gampang lu orang saling membicarakan saling menegur biar masalah itu cepet selesai nah kalo lu beda agama gimana bisa nyelesain pasti menurut agama masing" bener semua. Kalo semua ngaku bener dan gak ada yang mau ngalah gimna kelar masalah nya ? apa kata duniaaa ?? :D
Sebenernya semua agama tuh sama-sama ngajarin tentang kebaikan tapi sebisa mungkin sih satu iman.

-Menjaga Kekudusan ( 2 Kor 7:1)
nah alkitab pernah ngomong kalo tubuh kita ini adalah Bait Allah nya Tuhan jadi kita harus menjaga kekudusan nya. Gimna cara ny ?? May be di dunia ini tuh uda edannn banget. Terjadi kasus pemerkosaan yang paling parah Free sex di USA yg meledak gak karuan dengan gampang nya pemerintah naro mesin pembuat condom di setiap tempat. Kita harus inget juga kalo kita pacaran itu bukan hanya senang" aja kita juga banyak cobaan. Kita harus bisa nahan diri kita buat ngelakuain hal yang nggak". Masa mau cuma gara" hubungan pacaran trus tiba" jatoh ke pergaulan bebas abis itu hidup lu ancur dan masa depan lu yang mesti nya cerah malah jadi kelabu ??  Lagian kita juga harus mikir apa Tuhan dan ortu kita gak sedih ngeliat anak nya kaya gitu ??

-Tidak ikut-ikut gaya dunia (Roma 12 :2)
Tuhan juga berpesan kalo kita tuh jangan ampe jadi serupa dengan dunia ini, tetapi kita tuh harus berubah dengan pembaharuan budi, supaya kita juga bisa ngebedain mana yang buruk dan mana yang baik dari kehendak Tuhan.

-Menjaga Tujuan (Roma 11:36)
Nah kita balik lagi kita harus inget dari pacaran kita itu tujuan nya apa misalnya kita ambil kita tuh pacaran tujuan nya buat ningkatin semangat belajar. Kan bisa tuh saling belajar bareng kalo gak bisa ya belajar sama". kan pasti kalo belajar dengan bener bisa naik kelas bareng. Jadi sama" seneng.


Gimana sih pacaran yang sehat ??
-harus sehat secara fisik (gak boleh saling menyakiti)
nah coba pikirin kalo pacaran aja uda pukul"an yang cowok mukulin cewek nya nyampe tepar gimana coba kalo uda nikah mau jadi apa ??

-harus sehat secara psikis
ini yang lebih penting ada satu peribahasa ngomong : "di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat." Jadi kita pacaran tuh bukan cuma badan yang sehat jiwa kita juga sehat. Gimana sehat nya jiwa kita ? Nah banyak" baca Alkitab lama-kelamaan juga pasti kebentuk jiwa kita yang terus bergantung sama Tuhan.

- harus sehat secara sosial
kita pacaran juga harus ngeliat situasi kalo misal nya pacar kita ngebatesin hubungan kita dengan temen-temen kita dengan alesan "lo tuh pacar gw jadi lu cuma buat gw seorang" inget kata gw : "LANGSUNG PUTUSIN !!"  masa iya rela hubungan kita sama orang lain di bates"in sedangkan dia tuh cuma pacar doang yang gak berhak mutusin apa yang terbaik buat kita. Terkadang ada bener nya seorang sahabat tuh lebih penting dari seorang pacar. kalo sahabt uda pasti ada di samping kita mau seneng apa sedih nah kalo pacar kita pilih uda di putusin kita bisa apa ?? tapi dua-dua nya emang harus bisa saling mengisi juga sih.

-harus sehat secara seksual
kalo pacar kita HIV / AIDS gimana ?? apa kah anda siap ? bukan nya mengecilkan hati teman" atau orang" yang terkena penyakit ini tapi sebaik nya kita juga memikirkan masa depan kita, buka berarti orang yang terkena pnyakit trsebut gak punya masa depan. (maaf buat yang trsinggung ! :) peace.)


kalo misalnya pacar kita mutusin kita jangan pernah berpikir kalo kita tuh di dunia uda gak berarti lagi walaupun banyak banget orang bunuh diri gara" saking cinta nya ama pasangan itu. Jangan ngeliat dunia tuh sempit banget !

Move on !  Mati satu tumbuh seribu !
dan jadi jomblo tuh bukan sesuatu hal yang menyedihkan justru lu akan sangat menikmati hari-hari lu sendiri.

Bodoh banget orang yang bunuh diri karena sesuatu hal yang kadang suka bikin orang jadi gila alias CINTA !

Nah gw saranin buat temen" yang belom pacaran mending tuh jangan pacaran sekali pacaran pasti bakal kecanduan terus. Dan mikirlah seribu kali kalo perlu lebih dalam milih pasangan hidup. Jangan jadian sama orang lain karena kasian atau karena gengsi / ikut-ikutan sama temen. Kalo jadian karena alesan kaya gitu kasian banget yang jadi pasangan lu.

Jangan sembarang pacaran ! Nanti dimarahin Tuhan ! (kata Aurel ama Anang) :P


2 komentar: